Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap / condong ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Prancis menyebutnya tournesol atau "pengelana Matahari". Namun, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.


Berikut 13 fakta menarik tentang bunga matahari :

1.      Bunga matahari telah banyak ditanam untuk membantu menyerap radiasi nuklir.

Ternyata tidak hanya memiliki rupa yang cantik, bunga matahari sebenarnya bisa menyerap racun juga. Jutaan bunga ditanam setelah bencana tsunami yang menghancurkan reaktor pembangkit listrik tenaga nuklir di Fukushima, Jepang.

2.      Sejuta Manfaat dari Benihnya

Tahukah Anda bahwa ternyata tanaman bunga matahari mempunyai benih yang dapat digunakan sebagai penghasil minyak yang sangat tinggi yang biasanya di gunakan untuk memasak, sebagai komposisi pembuatan cat, makanan hewani maupun biosel yang sudah melalui tahap pengolahan tertentu.

3.      Ketinggian Tanaman Matahari Ini Mampu Mencapai 25 Kaki

Tanaan matahari dapat tumbuh tinggi 25 kaki lebih pada tahun 1986 di Belanda. Ini adalah rekor tertinggi yang mampu dicapai oleh tanaman ini. namun sayangnya sampai hari ini belum pernah ditemukan lagi tanaman matahari yang tumbuh mencapai 25 kaki. Adapun ketinggian rata-rata tanaman ini adalah 3-5 meter.

4.      Bunga Matahari Tertinggi di Dunia Mencapai 10 Meter

Pada musim panas tahun 2014, mantan tentara bernama Hans-Peter Schiffer memgang rekor dunia Guinness World Record untuk bunga matahari tertinggi di dunia selama tiga tahun berturut-turut. Dibutuhkan satu pasukan pemadam kebakaran untuk membantu mengukur tinggi bunga matahari ini. 

5.      Diameter Kepala Bunga Mencapai 32 – 35 inci

Kepala bunga matahari ini dapat mencapai diameter 32 – 35 inci di Kanada, namun tidak dengan tanaman matahari yang tumbuh di Indonesia dan beberapa Negara lain.

6.      Terdiri Lebih Dari 60 Jenis Tanaman Matahari

Tanaman matahari ini juga memiliki beberapa jenis yakni sekitar 60 jenis yang menyebar di seluruh dunia. Namun hanya beberapa saja yang di temukan oleh para peneliti dan masih bertahan sampai hari ini.

7.      Benih Tanaman Matahari Mencapa 2.000

Tanaman matahari ini memiliki benih dengan banyak sekitar 2.000 benih perbunga. Namun syangnya banyak orang yang tidak mengetahui bahwa benih yang dihasilkan ini sangat banyak. sehingga pembudidayaan bunga ini menjadi kurang maksimal.

8.      Tanaman Ini Menjadi Sesembahan oleh Bangsa Aztec

Tanaman matahari ini juga banyak disembah oleh bangsa Aztec, mereka meyakini bahwa bunga ini merupakan perwujudan dari dewa matahari  yang merupakan salah satu dewa agung mereka.

9.      Mengikuti Arah Matahari

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa bunga matahari menghadap ke arah yang berubah-ubah? Jawabannya ada pada keunikan salah satu fakta tentang bunga matahari berikut ini.
Jenis bunga ini dikatakan memiliki keistimewaan yaitu heliotropisme, atau mengikuti gerak matahari, dari timur ke barat. Kuncup bunga dan bunga muda akan menghadap ke timur di pagi hari dan mengikuti matahari saat bumi bergerak di siang hari.
Namun, ketika bunga sedang memproduksi benih sehingga berdampak pada semakin beratnya bobot tanaman, maka batang bunga yang tumbuh semakin dewasa umumnya akan tetap mengarah ke timur. Sehingga dapat dikatakan bahwa.

10. Tanaman Matahari Merupakan Famili dari Kenikir-Kenikiran

Tanaman matahari atau yang memiliki nama latin Helianthus ini merupakan bagian dari famili kenikir-kenikir.

11. Bunga matahari sebenarnya terdiri dari ribuan bunga mungil.

 Kelopak kuning yang ikonik dan pusatnya yang berwarna coklat sebenarnya adalah bunga asli itu sendiri, kemudian terdapat sebanyak 2.000 kelopak bunga lain yang membentuk bunga matahari  yang biasa Anda lihat.

12. Tanaman Matahari Memiliki Banyak Sekali Nama

Bunga ini memiliki nama yang berbeda-beda tergantung dengan letak atau wilayah masing-masing, namun secara umum maknanya adalah sama yakni bunga yang matahari. Umumnya penaman bunga ini tergantung dari bahasa lokal, seperti misalnya daerah Perancis dengan sebutan tournesol atau di kenal dengan pengelana matahari.

13. Tanaman Matahari Merupakan Lambang Nasional Ukraina, Kansas, dan Amerika Serikat

Tanaman matahari juga digunakan sebagai lambang nasional oleh beberapa negara di antara Ukraina, Kansas, dan Amerika Serikat. Tidak hanya karena ini merupakan bunga yang unik dan berbeda dari kebanyakan tanaman bunga lainnya saja, tetapi juga karena makna dan filosofi bunga ini yang sangat dalam dimana ini menjadi lambang harapan juga.